Radesya

"Ingin jadi mentari berharap bisa menerangi"

Apa Arti Hidupku?

Sudah lama aku merasakan hidup, tapi aku tak pernah tau apa itu hidup.
Apa sih artinya hidup? Apakah hidup itu sekedar rutinitas belaka? Bangun pagi, mandi, makan, ke sekolah, tidur, begitu berulang-ulang.

Apa matahari yang terbit dari ufuk timur dan terbenam di ufuk barat itu sudah menandakan kehidupan?.
Aku tak pernah tau pasti apa artinya hidup.
Atau hidup ini hanya sekedar menangis dikala sedang mendapat musibah, dan ketawa jika mendapat anugerah?

Apa sih bagusnya hidup?
Bukankah mati lebih baik jika kita terus di dera derita.
Apa sih bagusnya hidup?
Kalau hakikatnya kita sebatang kara.

Tapi bukankah kita hanya merasakan hidup sebentar saja, bukankah kita hanya menumpang hidup saja karena pada akhirnya kita akan kembali kepada-nya.
Bukankah tidak ada yang kekal di dunia ini kecuali Dia. Dia yang maha hidup, Dia yang maha kekal dan abadi.

Kalau saja aku bisa memilih…
Aku akan memilih menjadi batu yang tak berhati, aku tak akan bisa merasakan betapa pedihnya sakit hati.
Menjadi pohon yang bisa merindangi…
Menjadi matahari yang bisa menyinari…
Menjadi hujan yang bisa membasahi…
Bukan menjadi aku…,
Tapi bukankah aku harus terima takdirku?
Aku harus terima takdirku yang dihidupkan menjadi Aku…, bisa bernafas lepas dan bebas.
Tapi apa arti hidupku?

Wahai…., Engkau yang maha pemberi hidup…, sudah benarkah diriku mendefinisikan hidup?
Sungguh aku takut untuk hidup lebih lama jika hidupku tak berarti.
Sungguh aku takut jika harus memikul dosa lebih banyak lagi.

Aku bagaikan hamparan pasir di gurun yang tandus, begitu kecil siap diterbangkan badai…
Aku bagaikan rumput liar yang akan segera mengering dan musnah diterbangkan angin…
Apakah benar itu diriku Tuhanku…

Sebelum aku kembali pada-Mu,
Tuntunlah aku kejalan-Mu…,
Tolonglah aku wahai Engakau yang maha pemberi hidup…
Bukakanlah pintu surgamu untukku, cintailah aku sebagai hamba-Mu

Dalam setiap sujudku,
Dalam setiap deru nafasku,
Aku hanya sebut nama-Mu

Apa arti hidupku?
Apa hidup ini sebuah pencarian yang hakiki…
Sebuah pencarian tanpa henti?

Wahai Engakau yang maha pemberi hidup….
Kemana lagi aku harus mencari arti hidupku ini…
Haruskah aku terus melangkah dalam hamparan bumimu ini?
Atau aku harus menyelam ke dasar samudramu?
Atau aku harus terus bertopang dagu?
Sementara diluar sana para cerdik cendikia telah banyak berguna…

Wahai Engakau yang maha pemberi hidup…
Apa arti hidupku ini jika tak bisa memberi arti…
Kembalikanlah aku kepada-Mu…
Karena aku sudah merindu-Mu…

29 Comments

  1. Pertamax

    Ngga gitu donk, hidup tuh indah, seriusan! jangan pernah nyeselin arti hidup, cobalah berusaha! hidup itu indah, indah banget…

  2. ku beberapa hari yang lalu mimpi ada yang nanya kayak ginian lho, lebih tepatnya dia nanya “ngapain kita hidup?”

    ya kita hidup itu supaya kita hidup ^^ gak repot kan, gitu aja kok repot… heee aku anggap saja kita bagian dari cerita. yaaah nambah-nambah cerita lah, sebagai figuran, sebagai antagonis atau protagonis… life’s like that, right? kita itu adalah bumbu kehidupan

    sometimes you feelin down, sometimes life’s wonderful. coba deh dengarkan lagunya Michael Buble:

    That’s life // That’s what all the people say // You’re riding high in April// You’re shot down in May

    Andaikan suaraku seindah Michael Buble… ^^ anyway, banyak yang bilang hidup itu seperti roda kan? kau mungkin bisa menganggapnya seperti beli kaset game, kadang gamenya bagus kadang gamenya jelek (sori gak bisa mikir perumpamaan lain ^^)

    Tapi apapun anggapan orang tentang hidup, kita ini adalah seorang pejuang yang mengusahakan hal-hal baik yang ditanamkan kepada kita, bukan?

    I know I’m gonna change that tune // When I’m back on top in June

    I’ve been a puppet, a pauper, a pirate, A poet, a pawn & a king // I’ve been up & down & over & out // But I know one thing // Each time I find myself, flat on this face // I pick myself up & get back in the race

    got that? kamu bisa jadi apa aja, sumber kehidupan yang menentukan. cobaan dan karunia Dia yang tentukan, dan karenanya apapun yang terjadi sama kamu, bumi terus berputar. Kamu tentunya jauh lebih beruntung dari mereka yang kesusahan, karenanya kamu harus tetap menjalani hidup sebaik-baiknya.

    satu hal yang kudapat dari pelajaran agama atau KWN di semester satu kemaren: ada satu kutipan dari satu orang pintar, kulupa namanya siapa, pokoknya dia bilang manusia itu makhluk “gak berdaya”, kita dilahirkan tanpa bisa memilih mau jadi apa, kaya atau tidak, di negara mana, dengan jenis kelamin apa, badannya kayak gimana, sikapnya kayak gimana. itu manusia yang tanpa bisa memilih harus dilahirkan dan hidup di dunia. kita kayak di random hahaha

    Dan hey kalau kita sedang down menghadapi hidup, kita punya pilihan: bobo saja, dan bermimpilah, kadang kita bikin apa saja dalam mimpi, makan bakpao segunung misalnya ^^

    Dream when you’re feeling blue // Dream that’s the thing to do // Just watch the smoke rings rise in the air // You’ll find your share of memories there //
    So, dream when the day is through // Dream and they might come true // Things never are as bad as they seem // So dream, dream, dream

    -Michael Buble

  3. @Red Dog
    benarkah hidup itu indah?
    Thx, aku akan berusaha..

    @immoz
    iya, bukannya aku tidak bersyukur atas hidupku…, memang sih kadang kita di atas kadang di bawah, ada sedih dan bahagia, semua itu memang bumbu kehidupan…
    Btw makan bakpau segunung bisa mati kekenyangan nggak?
    Iya dech, kalau lagi sedih mendingan bobo aja, biar bermimpi, nah kalau mimpi mengerikan gimana?

  4. Waaahhhhhhh….. jangan terkesan putus asa donk ……..

  5. @redesya
    aku pengen rasanya bisa mengendalikan mimpi, bahkan mimpi buruk… misalnya dikejar kuntil gitu ya… kita bisa marah ma kuntilnya :

    “Hey kamu, kamu jahat sekali, jangan kejar aku lagi!”

    makan bakpao segunung, gak bakalan kenyang kalo cuma di mimpi ^^

  6. @Mr. Momod

    Iya, memang lagi putus asa koq….

    @Immoz

    Wah, tapi itu kan tidak mungkin kan? Andai bisa aku kendalikan mimipi , aku ingin mimpi ketemu papaku setiap hari…

    Tapi kalau makan beneran pasti bisa mati kekenyangan kan?

  7. wet

    iya…hidup tuh indah banget….
    ne aku gy ngalamin indahnya….
    tapi gak tau lagi besok masih bisa senang apa nggak….

  8. Allah menciptakan manusia untuk beribadah padaNya.

    Untuk hal-hal detailnya, kita bisa milih sendiri, kira-kira hidup kita buat apa.

    Ayo kita cari visi hidup kita. Biar hidup lebih berarti. Biar kita jadi manusia paling berharga. “Orang yang paling baik adalah orang yang paling bermanfaat bagi saudaranya,” (al hadist)

    😀

  9. @6 | redesya
    Lho kok beneran putus asa ?😦

    Saya analogikan saja begini :

    “Kalau kita selalu cemburu/iri dengan rezeki yang diperoleh orang lain (kalo untuk memotivasi good), maka itu sama saja dengan kita tidak pernah mensyukuri rezeki yang diberikan Allah kepada kita”. 😀

  10. ghani mahallani

    aku setelah baca yang kamu tulis itu,rasanya aku balik lagi k masa lalu aku!!
    stelah bca itu aku trsadar bhwa hdup itu adalh perjuangan!!!
    aku bersyukur bngt d berikan hidup!
    kmu jangan berpikir hidup kamu hnya itu2 aj!
    dan kmu harus bresyukur akn keadaan kmu skarang!! karna ad banyak orang yang kurang dari drina!!
    kmu harus tetap berusaha dan smangat!!!
    CAYO!!!
    aku mendukungmu ra!!!!!!!!
    hehe

  11. @redesya
    Hey… comment lagi ya…

    siapa bilang mimpi gak bisa dikendalikan? bisa kok. benar2 bisa! aku sudah membuktikannya, meskipun tidak banyak kasus.

    bahkan mengendalikan mimpi ini ada kajiannya lho! coba aja googling.

    jadi ada yang dinamakan Lucid Dream, mimpi dimana kita dalam state sadar sedang bermimpi. Ini benar-benar menyenangkan… dengan beberapa kali praktek, kamu benar-benar bisa mengendalikan arah mimpi.

    saat bermimpi, berusahalah mengendalikan mimpi dengan membayangkan suatu jalan cerita mimpi. Bila berhasil, kamu bisa mendapatkannya… tapi karena hal ini membutuhkan usaha , bisa-bisa kamu terbangun dari mimpi…

    karenanya hal ini hanya bisa kita lakukan saat kita mengalami Lucid Dream.

  12. Sri N F Sy Kj

    hello redesya….suka menulis puisi ataupun yang berhubungan dengan sastra yach?..

    hidup itu indah…dan hidup bakal losta masta ketika kita menikmati setiap detiknya…

    karena dengan menikmatinya, pasti selalu bersyukur akan tiap detik yang diberikan olehNya..

    wah…redesya bener2 pasti suka merenung yaa, goresan tangannya hampir semua berformat puisi atau sastra…

    redesya tinggal dimana?…kuliah dimana?…

    nice to know u too redeysa…eventhough just dropping by via blog..

  13. bayu200687

    hidup itu…(jadi pengen nulis dg tema ini..)

  14. “Sini Ajeng … sejenak duduk disamping mas. Melihat kolam yang jernih penuh dengan ikan-ikan. Melihat hamparan sawah yang padinya menguning. Melihat kupu-kupu berwarna warni.
    sejenak saja … jangan berfikir apa itu hidup dan kehidupan.
    bernafaslah dengan tenang dan damai, nikamati apa yang kita punya….”

    Hati seluas samudra Ajeng …

  15. arri

    Urip mung sadermo nglakoni *jodoh,rejeki lan pati kersaning GUSTI*

    Urip ora njalok
    mati ora daftarake.

    begitulah istilah jawanya,paling cuman ngantri ja untuk dipanggil hahaha…

  16. hidup itu indah or enggak..

    yg perlu diingat: hidup itu anugerah..

    nikmati aja sist..😀

    btw, slm kenal yah..

    sori baru s4 mampir..:mrgreen:

  17. kutahu kau amat berarti sahabatku
    ku tahu itu🙂

  18. renxe

    pertanyaan yang sepele namun sangat mendasar. saking dasarnya sampai kita ngga tau sedalam apa jawaban yang akan kita temukan. hihihi….

    tak akan ada habisnya kalau kita terus mencari jawaban ini. karena itu juga salah satu rahasia Tuhan. toh bukan kamu aja yang ingin tahu jawabnya, tapi semua insan yang bernyawa. nah…lalu kalau tidak ada yang tahu, siapa yang akan memberi tahu? tidak lain dan tidak bukan adalah sang pemilik rahasia itu.

    jadi gimana…? yasudah…jalani aja hidup ini…🙂 toh hanya 1 kali. kenapa harus kita isi dengan pertanyaan2 yang tak akan kunjung terjawab?

  19. @Sri N F Sy Kj

    Iya mbak, tapi tulisannya tidak bagus koq…

    Aku akan selalu bersyukur koq… btw thanks ya…

    Senang juga bisa kenal dengan mbak…

    @bayu200687

    Tulis saja kak…

    @BanNyu

    Thanks kak, aku memang suka sekali lihat ikan berenang…

    @arri

    Lho, kak ari ngantri dapat no berapa?

    @dEEt

    Iya sist….
    Aku akan coba menikmati hidup ini…

    Salam kenal juga…
    thx dah mo mampir kemari…

    @achoey

    Mudah-mudahan saja bisa berarti kak…

    @renxe

    Kakak juga nggak tau jawabannya ya?

    Iya kita nikmati saja seperti air yang mengalir

  20. arri

    hahaha…,kalau nomernya blm tau nomor berapa,tapi kalau sudah waktunya nanti,pasti kita tau sendiri…

    jatah kontrak raga waktunya dah habis,(he..he..kayak bangunan ja dikontrakin).

  21. arti yang bisa memberi sebuah sisi yang bisa orang untuk menerima kita apa adanya dengan segala hal yang bisa kita berikan terbaik untuk mereka…

  22. 😀, just try to keep your smile…
    okay???

  23. Sabar… sabar…
    Jadi apapun harus tetap sabar.

  24. kita hidup itu untuk saling berbagi…..

  25. hidup ????? adalah beribadah kepadaNYA

  26. @arri

    mudah-mudahan kita bisa kembali dalam keadaan yang baik…

    @Aulia

    Semoga saja hidup kita masih bisa memberi arti….

    @Odie

    Aku akan terus tersenyum…

    @Edi Psw

    Iya, harus tetap sabar…

    @tukangobatbersahaja

    Yup, benar sekali…

    @bapakethufail

    Benar sekali pak….

  27. hidup ya? hehe…🙂

  28. I am only a man on the street
    but I want to do some thing
    for my country
    Indonesia

  29. @Dalila Sadida
    iya sist…

    @A-RI
    aku setuju sekali…

Leave a Reply

