Radesya

"Ingin jadi mentari berharap bisa menerangi"

Ramadhan Harus Meniggalkan Jejak

Waktu begitu cepat bergulir, tanpa terasa bulan yang penuh rahmat ini akan segera pergi meninggalkan kita. Kenapa begitu cepat, apakah tahun depan aku bisa berjumpa lagi dengan ramadhan ya? Pernahkah kalian berpikir, sudah berapa kali Anda berjumpa dengan ramadhan? Sepanjang usia saya mungkin sejak kelas 2 SD saya sudah terbiasa dengan berpuasa. Dan mungkin Anda semua yang lebih tua sudah berjumpa ramadhan berpuluh kali, adakah peningkatan kualitas ibadah kalian?

Kadang kita cuma menjalankan ibadah puasa hanya dalam rangka beragama saja, bahkan kita tak mampu menangkap kekuatan spiritualitas berpuasa. Puasa ramadhan hanya menjadi rutinitas tahunan dan kurang bermakna, terasa begitu hambar. Apakah Anda merasakan demikian? Jika iya Anda termasuk orang yang ‘rugi‘, kerugian yang amat besar tentunya.

Andai dalam setiap ramadhan kita bisa meningkatkan kualitas kebaikan kita, maka di usia kita sekarang tentu kita sudah bisa hidup lebih baik dimata Allah. Belum tentu kan tahun depan kita bisa berjumpa dengan bulan ramadhan ini. Sayangnya banyak dari kita yang menjalankan ibadah ramadhan hanya sekedar menjalankan kewajiban beragama semata.

Ramadhan kali ini harus meninggalkan jejak yang baik bagi kita. Kita harus lebih rajin beribadah, rajin beramal, berbuat baik, berbagi pada sesama,dan tentu saja kualitas hidup kita juga harus lebih baik. Dan teruslah jadi orang yang baik, dimata Allah, dan juga dimata manusia juga.

Ini adalah kesempatan kita untuk menabung kebaikan dan pahala, karena semua hal yang baik yang kita lakukan di bulan ini akan mendapat pahala yang berlipat. Jika tidak memiliki apa-apa untuk berbagi, berbagilah ‘senyuman‘, karena itu hal yang paling mudah untuk mendapat pahala. Memberikan senyuman juga termasuk bersedekah lho…

Andai saja kita berjumpa dengan 10 kali ramadhan, tentu sudah 10 kali kebaikan yang kita tingkatkan, wah kalau bisa berjumpa dengan 20 kali ramadhan tentu sudah ada peningkatan  20 kali kebaikan kita. Gunakanlah waktu ramadhan yang tinggal menghitung hari ini dengan perbuatan-perbuatan yang mulia.

Maaf saya bukan sok tua, tapi ini hanya sebuah ajakan kebaikan dan renungan semata. Saya masih bodoh dan masih harus lebih banyak belajar, jika ada kata yang sok menggurui maafkanlah.

35 Comments

  1. Betul betul betul betul!
    yap betul sekali meskipun aku sendiri gak gitu… aku sih belum mencapai level orang yang bisa dicontoh orang lain. meskipun aku berbeda agama tapi aku juga mengerti bahwa setiap hari besar harus terjadi suatu transformasi nilai diri, peningkatan kualitas diri.

    Meskipun (lagi) berbuat kebaikan-kebaikan dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari… setiap hari dalam kehidupan kita adalah ibadah bukan, tugas kita manusia untuk berbuat kebaikan bagi sesama.

  2. Iya, semoga kita selalu berbuat baik, tidak hanya saat ramadhan saja, tapi di setiap saat…

  3. Kadang kita cuma menjalankan ibadah puasa hanya dalam rangka beragama…

    bener banget tuh…makanya aku piluh gak puasa taon ini..karena aku udah enggak ber-…

  4. Wah itu juga salah…

  5. Ya, marilah kita…

  6. Marilah kita apa ??

  7. tentu saja dong, jatahnya puasa selesai. portofolio selesai dan 2 project teman saya selesai😀 (pengenya sih)

    lho koq masalah duniawi sih? lho kan dunia untuk akhirat juga ye…

  8. kedelapanxxx

    hhmmhh…
    dari awal romadon guew belon teraweh niy sekalipun…
    parah bet dagh guwe…

  9. bayu200687

    sekali lagi…
    postingan luar biasa untuk seorang redesya, seorang yang (baru hampir) berumur 17 th…jauh melebihi usia mba…

  10. huhu… iya say, terima kasih sudah mengingatkan😀

  11. renxe

    yup, kita semua berharap ramadhan ini membawa berkah dan kebaikan bagi kita…

  12. mudah2an ramadhan tahun ini (pasti) jauh lebih baik dari tahun kemaren! amin…

  13. @minanube
    iya, dua-duanya harus seimbang

    @nyurian
    tinggal menghitung hari lho…

    @bayu200687
    ah kakak, aku udah sok tua ya…

    @Dalila Sadida
    senang bisa mengingatkan

    @renxe
    iya kak… Amiiin…

    @tejo
    Amiiiiiiiin….

  14. bayu200687

    balik lagi nih mbak
    tak kasih PR tuh, liat disini http://celotehbayu200687.wordpress.com/2008/09/23/pr/
    dikerjain ya…:mrgreen:

  15. betul sekali mbak….
    saya juga berharab begitu..🙂

  16. Aku ikut jejak mu ya des, boleh kan ?

  17. @bayu200687
    waduh..! Di kasih PR?

    *garuk-garuk kepala*

    @yakhanu
    harapan kita sama..

    @Muda Bentara
    boleh lah, silahkan saja

  18. Apa ya jejak yang sudah aku tinggalkan!

  19. Wah bapak lupa?

  20. yup
    setuju sobat🙂

  21. Thanks dah setuju..

  22. Romadhon kali ini cepet banget lewatnya.

    Hmm…, sayang😦 .

  23. kalo mau ramadhan membekas !!

    yaa.. tatoo ajah sekalian tiap sahur.

    di belakang tuh paling bagus.. deket iga .. Luas Bro😕

    dijamin membekas :mrgreen: :up:

    salam,

    http://galeter.wordpress.com

  24. @agungfirmansyah
    iya kak, waktu berjalan begitu cepat sekarang…

    @galeter
    waduh!!
    Bapak bertato juga?

  25. Semoga setelah ini kita kembali ke fitrahnya … Amin.

  26. Amin…, Amin…, Amin…

  27. ku harap harum wanginya ramadhan selalu menghiasi kekuatan iman dan jiwamu selalu. selamat malam dan salam hangat,nona.

  28. Semoga kau dapatkan harapanmu…
    Salam hangat juga…

  29. sayang sekali ramadhan segera pergi
    tapi semoga tahun depan kita masih diberi umur
    agar bisa berjumpa lagi.

    salam kenal

  30. Bulan Ramadhan untuk kesempurnaan ibadah kita di luar bulan Ramadhan itu… Semoga dampak Ramadhan sampe ke bulan² berikutnya..amin..
    Salam kenal,😉

  31. @artja

    Iya kak, semoga tahun depan kita masih diberi kesempatan untuk bisa merasakan kembali indahnya bulan ramadhan….

    @Didien

    Iya… semoga saja…., Amiiin…

    salam kenal juga….

  32. Semoga Ramadhan ini bisa membawa perubahan diri ke arah lebih baik. Amin…

    *baru berkunjung lagi ke sini…:-)*

  33. Semoga saja kak…

    Amin…

  34. waduh…nggak bagus nih jejak saya kayaknya……

    mudah2an tahun depan ketemu lagi……

  35. Yup, mudah-mudahan tahun depan ketemu lagi dan bisa lebih baik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: