Radesya

"Ingin jadi mentari berharap bisa menerangi"

Matematika Dalam Kehidupan Kita

Tau nggak kalau matematika itu sangat penting dalam kahidupan kita. Matematika itu adalah ilmu dasar yang mempelajari berbagai ilmu pengetahuan lain. Matematika berasal dari kata mathema dalam bahasa yunani yang diartikan sebagai ‘sains’ ilmu pengetahuan atau belajar, juga mathematikos yang diartikan sebagai suka belajar. Matematika sulit didefinisikan artinya, dan ilmu ini sudah dipelajari berabad-abad yang lalu.

Dalam berbagai hal kita tak pernah lepas dengan kata hitung, bahkan orang yang tak bisa membacapun biasanya pandai berhitung. Dulu waktu kecil aku lebih dulu diajari berhitung dari pada membaca. Dan cara mengajarinya itu menyenangkan, Ketika aku mau naik tangga menuju atas sambil digandeng, papa suka suruh aku hitung setiap anak tangga yang aku lalui. Kadang kebiasaan menghitung anak tangga itu terbawa sampai sekarang. Jadi sejal kecil aku sudah suka dengan matematika.

Kenapa sih kita harus belajar matematika? Itu pertanyaan yang sering kita tanyakan. “Lho kalau seandainya kita kuliah di sastra apa matematika juga digunakan? ” . Pertanyaan itu juga yang pernah aku dengar dari temanku. Tentu saja penting, meskipun akan kuliah di sastra. Kita belajar matematika untuk ‘hidup’. “lho kok bisa?” , ya bisa saja, kalau kita sudah terbiasa menyelesaikan soal-soal matematika dengan rumus-rumus yang tepat kelak kalau kita bertemu dengan persoalan hidup kita pasti bisa berpikir dan bertindak dengan perhitungan yang matang dengan sebab akibat yang jelas dan tentunya kalau kita salah hitung, ya bisa meleset gitu.

Bahkan untuk menulispun kita harus belajar matematika juga lho.., tentu saja ada hubungannya dengan sebab akibat juga, kalu kita akan menulis seperti ini maka hasilnya akan begini, kalau kita menulis seperti itu maka akan jadi begitu. Jadi betapa pentingnya matematika itu, bahkan untuk menulis saja harus belajar matematika juga. Kebetulan sekali aku suka dengan pelajaran ini. Tak bisa aku bayangkan kalau aku tidak menyukai pelajaran ini, pastilah akan selalu merasa menderita karena setiap hari aku akan selalu berhitung.

Yang aku heran, kenapa pelajaran ini banyak yang merasa tidak suka ya? Padahal matematika itu pelajaran yang menyenangkan sekali, dan banyak manfaat yang bisa kita ambil. Kita jadi bisa lebih teliti dalam segala hal. Ini hanya opiniku saja tentang matematika, mungkin kalian akan memiliki pendapat yang berbeda tentang matematika.

31 Comments

  1. Setujuuu. Ngak senang? Belum paham esensi dan maknanya aja kali. Kalau di sekolah … gurunya menaktkan kali he he

  2. Kukira tak ada sesuatu di atas bumi ini yang tak berhubungan dengan matematika. Semua berkorelasi.

    Dan orang bisa menyukai sesuatu pasti karena ada relasi nilai di antara keduanya. Jika tidak, sesuatu itu pasti terasa dipaksakan. Apa boleh buat.

  3. emang sih penting, tapi klo gag suka banget gapapa yah? hoho… udah aku link juga.. ^__^

  4. iya emang enggak suka om.. hehehehe.. kenapa ya kok aku enggak suka, mmmm ya.. enggak tau juga kenapa.. *kok aku bingung ya*

  5. Hmm…
    *dapet ilham*

    jadi hidup mesti itung2an yaks?

  6. tulisan yg educated…..

    pelajar kita tak suka matematika
    karena sudah terbiasa disuguhi yg serba instan
    akhirnya mereka tak mau memeras otak
    padahal kehidupan ini butuh matematika
    agar kita bs meramu rumus yg jitu
    dalam menghadapi hari ini dan hari esok
    supaya terwujud balance di semua aspek

  7. Sebenarnya gak hanya matematika saja yang ada di kehidupan…semua ilmu pasti ada di kehidupan..contohnya dari IPA fisika, biologi, dan kimia serta perpaduan dan kedalaman ilmu sudah ada di kehidupan..

    salahs atu ilmu yng menjadi nenek moyang dari segala ilmu adalah ilmu filsafat..

  8. setuju banget!

    salam kenal. blognya menarik bgt, gw link yah.

    [c] math.artist.never.die

  9. Matematika memang indah.
    Apalagi kalau tau cara menyelesaikan soal matematika tanpa harus hapal puluhan rumus😀 .

  10. setelah baca artikelmu, ternyata ku disini kau jauh disana,,, jauh banget…
    (ngerti gak?)

  11. @Ersis Warmansyah Abbas
    wah…benar pak, mungkin ada guru yg tidak menyenangkan cara mengajarnya..

    @Daniel Mahendra
    yup..,benar sekali…

    @Dalila Sadida
    ya terserah ja koq..
    Thanks ya

    @ulan
    nggak suka ya mbak?

    @petak
    yang betul, hidup harus penuh perhitungan, salah hitung bisa runyam kan?

    @Mikekono
    iya pak.., benar sekali..

    @prisanditiar
    iya, filsafat juga penting, aku belajar juga koq…

    @arie
    salam kenal juga..
    Boleh, silahkan saja…

    @agungfirmansyah
    wah benar sekali kak..
    Suka matematika juga kak?

    @immoz
    iya jauh banget jaraknya…
    *bingung mode on*

  12. sebenernya mudah maksa orang2 belajar matematika, ntar harga barang disupermarket pake persamaan ajah…
    misalnya hargan sabun cuci : X[kuadrat]-2y+3=0
    wakakakak

  13. Hahaha, iya…

  14. baca

    jadi jangan lupa beli kalkulator !!!! begitu kira2 pesannya ya…. (hik hik hik)

  15. MatiMatika !
    Mati-matian saya belajar ga bisa-bisa.
    Aljabar, Trigonometri, Pemetaan dsl dsl
    (*&^#$%^&

  16. Wah, mumet klo udah ketemu sama yang namanya matematika…

  17. kata orang yg ahli matematika “matematika itu menyenangkan”

    kalo kata aku siich “matematika eemmm membosankaaaaaan !!!!”

  18. jadi ga ada di kamusnya kita ga suka metematika ya😀

  19. @baca

    hahaha…. betul-betul… kamu dah punya kan?

    @BanNyu

    udah belajar mati-matian masih nggak bisa? wah kakak belajarnya salah sih…

    @sapimoto

    Kalau mumet beli obat sakit kepala ja…

    @goncecs
    wah-wah….
    coba dech belajar senang dulu, biar tidak bosan…

    @achoey sang khilaf
    kakak suka matematika kan?

  20. Klo bagi saya yang kuliah di jurusan MATEMATIKA , matematika itu adalah MAkin TEkun Makin Tidak Karuan ….hehhee
    tapi itu cuma joke aja koq ….
    dan bagi saya matematika adalah kunci akan ilmu dan kehidupan , karena hidup itu adalah menjual dan membeli … dan dalam proses jual beli itu memerlukan perhitungan yang matang, perhitungan akan nasip kedepan , nasib dunia dan akhirat …

  21. @redesya
    Ya, saya suka matematika.😀

  22. saya kurang suka,terlalu rumit kalo menurut saya…

  23. Aku termasuk yang kurang suka matematik.. tapi kalau ngitung duit suka, hihihi

  24. saya jadi teringat masa STM dulu
    saya cinta guru matematika
    namanya Bu EKA IRMA WATI
    sekarang saya gak tau di mana dia🙂 hehehe

  25. kalo bagi saya matematika itu melatih logika berpikir ….

    kadang semakin logikanya diasah, kita pun akan cerdas dlm mengambil bnyak keputusn di hidup ini🙂

  26. pelajaran paling disuka, tapi waktu SD ma SMP..

    SMA dah mulai bikin puyeng sih matematikanya😛

  27. sayah inih akuntansi….bukan matematika….. :mrgreen:

  28. @Muda Bentara

    muda ambil matematika ya?
    aku setuju sama kamu…

    @agungfirmansyah

    wah…., sama dong kak..

    @sandy
    padahal tidak rumit kok, menyenangkan malahan….

    @indra1082
    hmm.. kurang suka ya…, ngitung duit sih semua orang suka, apalagi kalau duit sendiri… hehehe…

    @yakhanu
    hahaha…., jatuh cinta ma guru matematika ya kak, wah pasti bugurunya cantik kan….

    @afwan uliyar
    betul sekali….

    @Rully Patria
    lho kan malah semakin menantang…., kok puyeng..

    @Abeeayang
    saya ini juga teknik…., bukan matematika…. hehehe..

  29. renxe

    secara ga sadar pula kita udah menerapkan matematika dalam kehidupan dalam bentuk “algoritma”

    algoritma yg mengatur langkah2 untuk memecahkan masalah ^^

    tentang yg ga suka matematika, mungkin bukan berarti benci matematika, tp cuma ga suka hitung2an angka😀

  30. Iya betul sekali kak…

    nggak suka berhitung iya juga, tapi kadang ada yang nggak suka sama gurunya juga..

  31. syraru

    yupz makanya awa suka ma matematika

    tp sering dpt nilai jelek pas d skolah😛

Leave a Reply

