Radesya

"Ingin jadi mentari berharap bisa menerangi"

Kesalahan Dalam Berdiet

Mengkonsumsi buah dan sayur sudah, mengurangi porsi makanan sudah, tapi kenapa berat badan tidak kunjung turun? Berikut adalah kesalahan yang terjadi dalam berdiet.

Pola makan yang salah

Hal yang sering membuat progran diet menjadi salah yaitu para pelaku diet melewatkan salah satu jam makan. Seperti sarapan atau makan malam. Padahal kalau melewatkan sarapan sangat tidak benar, sebab sarapan sangat penting sebagai energi utama untuk melakukan aktifitas sepanjang hari dan mengkonsumsi gula dan lemak berlebihan di saat perut terasa lapar. Karena , makan secara teratur (3 kali sehari) akan meningkatkan metabolisme tubuh yang akan membantu mengurangi berat badan dan proses pembakaran lemak dan kalori lebih mudah. Hal ini sangat berbeda jauh dengan saat tubuh dalam kondisi lapar, di mana pada kondisi tersebut metabolisme tubuh akan turun secara alami.

Terlalu membatasi untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu

Diet yang menganjurkan untuk tidak memakan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemat sama sekali, sebab apabila hanya mengkonsumsi buah dan sayur saja sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, klarena kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral tidak akan pernah tercukupi, terutama di usia remaja. Tubuh masih membutuhkan asupan kalori dan nutrisi yang seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh. Diusahakan untuk memilih makanan yang rendah kandungan lemaknya daripada tidak makan makanan yang mengandung lemak sama sekali.

Mengkonsumsi kalori terlalu sedikit

Untuk wanita, di dalam tubuh memerlukansekitar 2000 kalori tiap hari, sedangkan untuk pria membutuhkansekitar 2500 kalori. Apabila kalori yang masuk terlalu dibatasi hingga sekitar 1000 kalori atau bahkan kurang, malah akan menyebabkan rendahnya metabolisme tubuh dan akan mengalami anemia.

Tidak melakukan olah raga

Olah raga sangat penting untuk tubuh kita karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat membantu proses pembakaran lemak dan kalori, berat badan juga akan mengalami penurunan yang signifikan.

Mengkonsumsi salad berlebih

Mengkonsumsi salad memang baik untuk tubuh kita, tapi ada hal-hal yang perlu diingat bahwa mayonaise yang menjadi bumbu pelengkap salad juga mengandung lemak yang cukup tinggi.

Tidak suka minum susu

Minum susu tiap hari sangatlah penting untuk tubuh agar tetap sehat, terutama susu yang rendah lemak dan mengandung kalsium tinggi, karena dapat menguatkan tulang dan dapat sebagai pelengkap nutrisi tubuh.

Berat badan turun secara drastis

Alangkah baiknya bila berat badan turun tidak lebih dari 1-2 kg dalam setiap minggunya karena dapat menimbulkan komplikasi kesehatan yang lain, seperti hati dan ginjal, yang dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk menggantikan glukosa dalam darah. Hal ini dapat mengganggu kesehatan Anda.

16 Comments

  1. lho, tapi aku pengen gemuk. gimana caranya? apa tipsnya dibalk aja ya? hahaha

  2. @immoz
    betul-betul, tipsnya di balik saja, atau makan yg banyak, minum susu,istirahat yg cukup juga bsa, jangan suka begadang!

  3. tak coba ya bu maksih infonya ngerasa dah ndut nih😀

  4. Wah..
    Bisa tambah kurus aja nih klo di praktekin..😀

  5. thegands

    klo yang pengen gemuk gimana mbak?

  6. untung aku ga suka berdiet🙂

  7. waw..diet yaa.. katanya makan buah dulu, trus setengah jam kmdn baru makan biasa… itu baru sehat. tapi kalao soal turun bb.. ya olahraga aja kaleee..

  8. Saya sedang diet …. hanya diet karbohidrat saja, hasilnya belum kelihatan sih🙂

  9. @scarface
    iya…iya..,Selamat mencoba!

    @Guruh Ariyanto
    hmm… Udah kurus mas?

    @thegands
    kalau pingin gemuk tipsnya di balik aja..,eh jangan lupa makan yg banyak..

    @achoey sang khilaf
    kalau badannya dah ideal, nggak usah diet.. Thanks ya, dah dikunjungi..

    @kucingkeren
    iya..,olah raga juga sangat penting..

    @Rindu
    wah, berusaha lagi mbak.., aku bantu doa dari sini..

  10. Hidup memang cepat berubah. kadang gelap dan kadang putih….

  11. @hidayat
    ya begitulah hidup, tapi kayaknya salah tempat dech..

  12. gue pengen diet yg enak nyaman n gak menyiksa hehehee,,, tau caranya?

  13. hmmm, olah raga ja…, gimana?

  14. salam knal ….

    iya ni aku diet gag pernah berhasil,,😦

  15. Wah dietnya ada yang salah tuh…

    coba diet dengan cara yang benar…

  16. tian putra

    :: dalam kurun wktu 3 th brat bdan w trun 20 kg ,, yg smula 85 kg skarang 65kg dg tgi bdan 170cm ,, tp w mrasa mci kurang kurus lg ,, solusinya gmn ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: