Radesya

"Ingin jadi mentari berharap bisa menerangi"

Serba-serbi Lebaran

Sudah menjadi tradisi bangsa ini bahwa setiap kali lebaran Idul Fitri adalah mudik. Lebaran tak bisa dipisahkan dari tradisi mudik (pulang kampung). Cuma di Indonesia yang begini loh…. Semua orang yang merantau ke kota lain lain tak pernah melewatkan untuk mudik. Ada yang naik bus gratis (banyak instansi pemerintah atau perusahaan berlomba-lomba mengadakan mudik gratis),mobil pribadi ada juga yang naik kereta api, pesawat, kapal laut, bahkan kapal perangpun juga disiapkan, bahkan adapula yang membawa roda dua (motor) dengan jarak yang sangat jauh, dah gitu membawa anak kecil, barang bawaan yang sangat banyak, terkadang mereka juga tidak mengindahkan keselamatannya sendiri. Tak jarang dari para pemudik itu berakhir dengan tragis. Mimpi bisa berlebaran dengan keluarga pupus lantaran kecelakaan yang menimpanya.

Bagi para perantau, rasanya tidak afdhal, eh maksudnya afdhol ^^ kalau tidak bisa lebaran bersama keluarga, karena mungkin moment menggembirakan ini yang ditunggu-tunggu tiap tahunnya. Karena terkadang kita tak pernah ada waktu untuk bersilaturahim dengan keluarga karena kesibukan kita sehari-hari. Terkadang juga banyak diantaranya yang sebenarnya ingin mendapat pengakuan dari keluarga dan orang sekitar (ini lho aku dah sukses merantau di kota) sehingga bisa dipastikan sanak sodara, kerabat jadi ingin sukses juga , sehingga mereka berbondong-bondong ikut pergi mengadu nasib di kota. Akibatnya dikota (khususnya Jakarta) menjadi sesak, akibatnya banyak pengangguran, kemacetan dimana-mana. Kalau banyak pengangguran kan tidak kriminalitas meningkat. Suhu udara jadi naik, suhu tubuh juga naik, makanya banyak orang yang mudah terpancing emosi, jadi hanya lantaran masalah sepele bisa jadi perkelahian, semua demi urusan perut. Coba deh lihat saat ini…., pasti di Jakarta sudah tidak macet lagi, karena banyak yang mudik ke kampung halaman masing-masing.

Sebenarnya yang paling penting dari lebaran adalah “saling bermaafan”, sebagai penyempurnaan ibadah kita. Sebulan penuh kita berpuasa, menahan diri dari perbuatan yang tidak baik, meningkatkan amalan ibadah kita. Supaya Allah menghapus dosa-dosa kita selama ini. Setiap tahun kita saling bermaaf-maafan di hari lebaran, tapi setelah itu kita sering melakukan kesalahan lagi. Itulah sifat dari manusia, kita tak pernah bisa lepas dari dosa, bahkan kita sering denger “maaf saya khilaf”, betapa banyak stok maaf kita ini…., betapa banyak pula jumlah kesalahan yang kita lakukan. Sebenarnya kita tak perlu minta maaf saat di hari lebaran saja. Setiap kali kita berbuat salah memang perlu minta maaf saat itu juga.Dan yang paling penting, meskipun stok maaf kita masih sangat-sangat besar, kalau bisa kita tidak mengulangi kesalahan yang sama. Owh iya , jangan sampai moment yang menggembirakan ini disalah-gunakan ya…. misalnya aja membunyikan petasan, ini bisa sangat berbahaya! juga jangan sampai dengan alasan kita tak punya uang untuk berlebaran, tak punya baju baru buat lebaran berbuat kriminal…, syukuri aja apa yang kita punya… okey… ^^

Karena aku manusia biasa yang sering berbuat salah, mungkin tanpa sengaja dengan tulisan-tulisanku ada yang kurang berkenan di hati kawan-kawan semua… untuk itu aku mohon maaf sebesar-besarnya…

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432 H

MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN

MOHON MAAF LAHIR & BATIN

Semoga stok maaf kawan semua masih banyak buatku…. :D dan semoga amalan ibadah kita di bulan Ramadhan tahun ini diterima Allah…. amin…. :)

5 Comments

  1. Taqabalallahu minna wa minkum.
    senangnya melihat postingan baru dari Rara, masih dengan gaya bahasa yang polos :)

    • hehehe…. sama-sama ya kak :)

      • ehya, ini ditulis waktu di Semarang itu kah?

  2. Indahnya hari Raya Idul Fitri :)
    Penuh Kebersamaan, Kecerian dan Tentunya Serbaserbi :)

  3. slamat lebaran yaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: